Kamis, 14 Desember 2017

RESEP SUP JAMUR TIRAM

Akhir-akhir ini ga tahu kenapa sering banget bangun di tengah malam antara jam 1 atau 2 itu kayak rutin banget, jam segitu biasanya perut sudah mulai berasa keroncongan, mau tidur bawaannya resah karena perut rasanya kok ga enakkan.


Pas lihat kulkas juga gak punya bahan, malas rasanya masak masakan berat di tengah malam begitu, jadinya semalam saya coba buat mushroom soup apa adanya namun rasanya cukup bikin mata melek kembali, hehehe
berikut resepnya, bahannya sederhana saja :

Bahan utama:

* 1/2 kg jamur tiram putih 
* 4 potong Tahu lombok
* 5 siung bawang merah 2 siung bawang putih
* tomat 1 biji
* cabe rawit ( sesuai selera )
* 200 ml air putih
* Kaldu jamur
* 1 sendok teh garam
* 1/2 sendok teh penyedap rasa

Bahan pelengkap :

* telur rebus 1 butir
* jeruk nipis (iris tipis)

Cara Membuat :

* Suwir-suwir jamur menjadi beberapa bagian
* Potong tahu hingga beberapa potongan kecil
* Iris bawang merah, bawang putih, tomat dan cabe rawit
* Cuci bersih semua bahan

* Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, lalu masukan irisan tomat, tumis bersamaan
* Setelah harum dan kecoklatan masukan 300 Ml air putih
* Tunggu hingga mendidih, lalu masukan potongan tahu dan suwiran jamur
* Masak dan tunggu hingga 10 menit

* Tiriskan, lalu tambahkan 1 butir telur rebus dengan irisan jeruk nipis

Sup jamur tiram putih siap di hidangkan..




Happy cooking :)


Love kids

67 komentar

Saya paling suka dengan jamur, diolah seperti apapun saya tetap suka. apalagi dibuat sup, aduh kuahnya itu lo ,seger sekali.

sama kita bang Bum, favorit bgt lah pokoknya jamur ini.. apalagi jamur kancing, di pepes pedes2 mantap..

Waduh.. Kalau yang satu ini cocok untuk makan tengah malam, ditambah hujan deres..😂

Pasti plong begitu lewat tenggorokkan..😅

Saya kalo bangun tengah malam, ke dapur karena tidak ada apapun namun perut lapar
akhirnya ada mie gelas..
resepnya mudah lagi..

Saya suka jamur di pindang, kadang untuk pengganti daging biasanya ada di mie ayam jamur, bakso jamur

jamur keriting saya lebih suka karena lebih kenyal dan bau khas nya itu bikin nagih

iya, simple, tekstur jamur juga bikin cepat saji, cocok utk di masak mendadak :D

mie lagi mie lagi,,, :D

jamur mah di olah apa aja enak, kayak katanya bang BUmi tuh, di pindang apalagi.. gurih gurih kayak katanya hari jisun mukbang korea yg nyasar ke indonesia.

Waaah, segar nih kayanya. Mau aku coba ah resepnya :D Tapi paling aku skip telurnya karena aku vegan :)

kayaknya sis harus sedia banyak bahan di kulkas, karena sering bangun malam seperti ini hitung-hitung belajar masak sekaligus update blog

waah, ga suka telur ya mba.. pdhal kya protein lho,hehe tp boleh pake tahu aja sesuai selera ya..,dicoba aja..

sarannya boleh jg nih bang,, biar ga kelaperan tgh malem,hihi

Kebangun jam segitu kalau saya sih kalau nggak kebelet ya ada sepak bola, enak sebenernya kalau bisa masak meski seadanya bahan tetap saja jadi hidangan yang enak disantap.

jamur tiram di tempat banyak. n hargax sangat murah

Sluurrp sedap dan praktis ya Nia. Sayang jamur di tempat saya agak mahal. Sebungkus mini harganya 10.000, jd paling hanya jd penyedap bukan bintang utama hehhe

Karena mie itu peneyelamat di akhir bulan dan waktu lapar yg tidak bisa di tunda lagi
tapi kalo jamur di roti kadaluarsa gak enak mbak nia bikin sakit perut XD

Jamur roti kadaluarsa juga banyak bang
saya pernah makannya gak sengaja malah sakit perut hahahaha
biasa kerjaan anak kost yg hidup nya penasaran

teman nonton sepak bola biasanya mie, tapi kalau sudah nikah bisa juga kalau istri bangun suruh buatin resep beginian, enak seger lho..

waduh, kok bisa sampe kemakan jamur di roti? ga teliti nih,, :D
jangan kebanyakan mie juga lho mas tama

mas hujan ini namanya siapa? daerah mana ya, boleh dong sy di pesanin, mumpung murah.. :D

iya seger kuahnya mba nis, sama saja mba, disini juga jamurnya mahal 10rb juga 1 bungkus kecil, tp kadang kalau langganan di ksi murah sih wlau jarang2.. :D

@Bang adi, wkwk... pengen uji adrenalin kah bang????wkwkwk

@Nia, panggil aja juni nia, aq anak gresik tapi stay di surabaya..^^
iya nia. murah.. q dulu beli 8 rb yg masih mentah dapetx banyak banged...

pict-nya tambahin lagi dong mbaaaa :D biar ane tambah pengin. enak nih kyknya

Keknya cocok nih resepnya buat yg suka begadang ngejar deadline biar tetep melek disamping doping kopi 😂

Namun apa daya, satu2nya keahlian saya yaitu masak telor wkwkwkwk

Luar biasa, dini hari masak, mantab jiwa, mau dong satu porsi (y)

iya,gampang kok masaknya.. ikutin aja resepnya mas, belajar dong skli2 biar bs nyenengin istri :D

posisi dimana mas ini, send via email aja ya.. :D

karna keburu laper, males foto banyak2 habisin waktu,
next post deh ya sy banyakin gambarnya :D

Mlm2 masak, hehe..
Kalo sering bangun tengah mlm sebenarnya di suruh shalat malam 😁😁

Kalau saya kelaperan pas bangun tengah malem paling2 telor ceplok atau mie instan. Mbak sampe bisa masak soup jamur,pasti tetangganya jadi ikutan laper itu aromanya tercium :D

Jamur memang cocok banget diolah masakan seperti sup, bener aku juga kalau terjaga tengah malam suka cari sesuatu utk di makan, soanya jarang makan dulu sebelum tidur

aku suka jamur diapapun juga
apalagi disup duh endes sama pentol ato sosis gitu

seneng rasanya menikmati masakan sendiri apalagi tengah malam saat kelaparan mantap

mau uji adrenalin ayo makan mie tengah malam tapi airnya bukan air panas tapi air es malah (karena yang ada cuma itu) gas habis, nggak ada pemanas ama rice cooker , nh coba nikmati mie itu gimana rasanya

iya juga sih, masak sekalian sholat malam kayaknya lebih good ya :) thanks sudah di ingetin mas id..

lagi pingin yang kuah2, mie instan tertalu mainstream bgt kan.. jd kebetulan ada jamur di kulkas, ya masak, hihi..
tetangga apa iya kecium juga, pada tidur kali.. :D

iya, di campur sm mie juga enak ya mba, kuah2 seger gitu.. waah sama dong kita, suka laper tgh malam :(

jadi pingin coba bikin yg ada tambahan sosis + bakso nih sy mas ik, hihi ngiler..

iya.. daripada tidur dengan perut keroncongan ga tenang mending masak kan bang, udah enak kenyang pula :D

Gak liat2 lagi tggal hbisnya
liat roti di lemari langsng aja lahap, hahahaha
sisanya penasaran ini jamur ngapain nempel di roti hahahah :D

astagaaa... bisa apa di makan yg kayak gtu??wkwkwk
anak kosan mempet banged ini mah..wkwkkw

Nah itu lebih mantap lagi jika dibikin pepes pedas :)

Ingat masakan jamur, ingat temen jadinya. ahaha
duh kok malah jadi inget dia ya
Tapi jadi kepengen coba buat juga resep ala chef Nia. hihi

teman apa teman nih?
kok baper gitu ya? :D
di coba aja, gampang kok ini

Aku coba aahh resepnya..soalnya ini juga makanan kesukaanku..thanks sudah berbagi resep menarik.. 😃

Temen kok temen, jadi jangan baper ya.
Sip pasti do cobain, di campur mie gelas. Ahaha

sama aja kayak ownernya mysatnite.. doyan bgt sm mie.. jgn mie gelas, sarimie lebih enak

sila..sila,, sama dong kita suka jamur, hihi

sama2..

kalau seperti itu lebih enak mienya di kremes aja, di pakein bumbu bang, takutnya sakit perut pke air dingin ga mateng2.. haha

wah bisa dicoba niih, biasanya aku cuma bikin jamur krispi aja, semoga anak-anak suka... makasih resepnya mbak...

sama2 mba retno, monggo di coba resepnya.. enak kuahnya seger, pasti anak juga suka.. btw jamur crispi sy blm pernah nyobain..

Kalau disini bilangnya jamur payung hehe.. Gampang ya bikinnya, tapi terlihat segar dan lezat.

memang mirip payung sih mba, hehe.. iya, bikinnya mendadak bahan seadanya tp rasa ttp enak kok, kuahnya bikin nasi cepat ilang :D

Ngileeerrrrrr

Aku penggemar jamur tiraaaaam
Sering beli di warteg deket kosan ku hehehehe

Bikin lapar ya, besok ah aku coba praktekin masak sop jamur

EA... klo ini masih wajar. cemilan di tengah malam disaat nyari nasi eh ternyata udah abis, tersisa mie instan tapi males masak airx. mau tidak mau ya di kremes.. :D

o ya? enak dong di warteg ada menu jamur, di Bima belum ada menu itu,hiks

silahkan sist ella :)
semoga suka,

wuih kayaknya lezat banget nih sup jamur tiramnya mbak

jadi kepengen mencoba

coba buat aja di rumah bang yanto, gampang kok.. biar ga penasaran.. hehe

Enaak banget ini mbak, sukaa makan jamur. Kalau di kampung, musim hujan bisa dapat jamur2 yang tiba2 tumbuh di pekarangan atau sawah, itu enaak banget..sejak di Jakarta, cukuplah dengan jamur ini.. :D

jamur yg tumbuh pas hujan lebih enak lg tuh mba,, gurih..
sama kita sy cinta bgt sm jamur :D

kalo jeruk nipisnya segitu ngga asem rasa kuahnya yah ?
penasran jd pengen nyoba
biasa sih masak pake Indom*e telor ajah xixixixi

Saya juga suka jamur, tapi tidak pandai buatnya, cuma bisa makanya aja , hehe 😀

Jadi pengen nyicipi jamur tiramnya 😋

kalau udah bicara jamur, kayaknya sayalah paling suka dengan menu satu ini. kalau di kalimantan mbak biasanya kami sekeluarga mencari jamur pas musim hujan kayak gini, nyarinya di hutan di antara pepohonan dan kalau udah musimnya, bisa buat makan sekeluarga selama 3 sampai 4 hari. makanya kalau udah urusan jamur, pokoknya paling suka. apalagi kalau jamur ini saya gak pernah ngerasa, tapi kayaknya lebih enaklah ya mbak admin?

saya pecinta asem soalnya mas, bisa di sesuaikan sesuai selera ya,hehe

cobain aja resep ini, simple kok :)

waaah, dari ceritanya,sy jd ingat masa kecil, dulu juga suka nyari jamur sm Ibu, jd santapan sehari2, emg enak jamur, juara dah..

Hei,, terima kasih atas kunjungannya
jangan lupa berkomentar biar bisa jalan-jalan juga ke blog kamu..
:)
EmoticonEmoticon