Kamis, 11 Januari 2018

Azil dan Azal si kembar berwajah tampan yang mengidap Autisme

Hai, hai,, selamat hari kamis kamu yang manis-manis termaksud aku!
sama-sama manis ga boleh protes, yess?!! hehe.


Memiliki wajah yang menarik di pandang mata merupakan anugrah dari yang maha kuasa, tapi terlepas dari itu semua kita di ciptakan dengan kelebihan dan kekurangan
masing-masing.

Ada yang tampan tapi pelit. dududu..
Ada yang cantik tapi attitudenya kurang bagus.
Ada yang punya wajah yang biasa saja tapi banyak prestasi.
Ada yang wajahnya ugly banget (maaf) tapi luar biasa bisa sukses
karna percaya diri yang sangat tinggi.

Semua mahluk di ciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing masing,
begitu juga yang di alami Azal dan Azil.
Keduanya kembar dan berasal dari malaysia, mereka anak muda yang punya paras yang oke menurut saya, mereka ini laki-laki dan ganteng-ganteng semua.
Namun sangat di sayangkan keduanya mengidap sindrom Autisme. 
Sebenarnya sih autisme itu bukan penyakit, karna penyakit akan menular tapi autisme tidak, Autisme itu semacam gangguan pada otak manusia yang menyebabkan otak tidak berfungsi selayaknya otak normal lainnya, ini lebih mirip sindrom yang akan kambuh secara tiba-tiba.
Autisme ini harus di deteksi sedini mungkin di usia 6 bulan kelahiran, deteksi dan terapi sedini mungkin akan membantu si pengidap untuk bisa menyesuaikan dirinya dengan lingkungan maupun orang di sekitarnya.


Kalau ingin tahu lebih dalam lagi tentang Autisme ini,
berikut 5 gejala umum ciri-ciri Autisme :

- Anti kontak fisik
Sebagian besar penderita autisme tidak suka di sentuh apalagi di peluk, namun tidak semuanya ada sebagian kecil dari mereka yang suka di peluk oleh orang-orang yang dekat dengannya.

- Gangguan Bicara
40% dari anak-anak yang mengidap Autisme tidak dapat berbicara, 25% dapat mengucapkan beberapa kata saja hingga usia 12-18 bulan setelahnya anak tsb akan kehilangan kemampuan berbicara, dan sisanya baru dapat berbicara setelah usia dewasa dengan intonasi datar dan bersifat informal.

- Suka Hal yang di ulang-ulang
Tindakan yang berulang ini biasa di sebut stimulating activities (Stimming) menjadi sesuatu obsesi tersendiri bagi si penderita.

- Tidak suka berisik dan cahaya terang serta aroma yang mengganggu
Diyakini bahwa yang membuat mereka terganggu adalah perubahan secara tiba-tiba karna tidak adanya persiapan sebelumnya, usahakan untuk memberitahukan kepada mereka terlebih dahulu agar mereka bisa terhindar dari stres.

- Susah berempati
Mereka sangat sulit untk peka terhadap perasaan orang lain, juga sulit mengenal orang serta bahasa tubuh dari orang yang mereka temui.


Lanjut pembahasan tentang Azal dan Azil,
Azal dan Azil adalah anak dari seorang artis cantik di malaysia, punya usaha rumahan juga,
namanya Zarina Zainuddin salah satu Ibu di seluruh dunia yang sangat saya kagumi setelah mengintip sedikit kehidupannya, beliau ini istri kedua dari pernikahannya dengan Datuk Seri Dr. Abdul Raihan Wan Jaafar pada tahun 1994, dari pernikahan inilah lahir 4 orang anak dengan jenis kelamin semuanya laki-laki, yaitu Azil, Azal, Naim dan si bungsu Adam.





Awalnya saya tahu informasi tentang keluarga ini dari facebook, waktu itu ada postingan tentang anak pengidap autisme yang sedang sangat susah di atur saat di bawa ke sebuah restoran,
saya penasaran ingin tahu lebih jauh lagi tentang separah apa sih Autisme ini
Saat itu bukan postingan bunda Zarina tapi postingan seorang Bapak yang juga mengalami hal yang sama dengan bunda Zarina, Bapak ini memuji si Bunda yang menurutnya sudah sangat lebih hebat darinya karna mampu mendidik anak autisme dengan baik.
Well dari situ saya tertarik, penasaran pingin tahu kehidupan seorang Ibu dalam mengasuh anaknya yang mengidap autisme itu gimana sih.
Saya stalking lah intagramnya si bunda Zarina, alamatnya tadi sudah tertera juga disana,
dan ada banyak postingan foto dan video yang buat saya betah lama-lama di akunnya. 
Mengasuh anak autisme semua tahu itu sama sekali ga mudah, namun bunda Zarina berbeda.
Dia Ibu yang banyak cinta di hatinya.

Kehidupan keluarga ini menginspirasi semua orang, saya sampai tak mau ketinggalan kabar terbarunya.

Yang menarik dari seorang Azal, si kembar yang dermawan.
Meski mengidap autisme, dia sangat pandai membawa diri, suka ikut Ibunya syuting dan sangat tidak betah lama-lama di dalam rumah, rajin sholat subuh dan lima waktu, juga rajin bangun pagi, dia juga rajin menyapu halaman, dia juga anak laki-laki yang penurut.
Berikut curhatan dari bunda Zarina, saya kutip dari blog lainnya tentang si Azal :

Kalau di set penggambaran, Azal akan menunaikan solat apabila tiba waktunya, tidak perlu disuruh-suruh. Skrip lakonan saya, dialah yang menandanya. Bangun pagi-pagi, dia pasti mengetuk pintu kamar tidur saya lantas berteriak, “Ibu, ibu, shooting ibu pukul berapa? Ibu sudah solatkah? Mana skrip ibu? Apa lagi barang yang ibu nak bawa ke tempat shooting?” 


Kesan saya saat melihat Azal pertama kagum, lalu Iri juga, kenapa iri, karna saya yang normal saja jujur masih suka malas bangun pagi buat nyubuh, masih suka bolong-bolong sholatnya juga, masih suka galau ga jelas karna ga pernah mau bersyukur atas semua yang sudah Allah kasih ke saya.
Ada yang bikin saya terharu, dengar-dengar si Azal ini punya harapan kalau suatu saat bisa menikah dan punya beby perempuan. Yuk kita bantu aamiinkan.. :)



 




AZAL




Dan untuk Azil, dia sama sekali tidak bisa melakukan seperti kebanyakan yang Azal lakukan, Azal masih bisa berbaur dengan orang normal, masih bisa sholat dll, Azil hanya bisa melakukan kegiatan kecil seperti menyapu halaman, belanja ke market di bantu adik dan Ibunya dan juga mencuci mobil milik Ibunya, itu saja.
Meski berkekurangan, dia sosok yang sayang adik-adiknya.



ABANG AZIL











Yang unik dari si Azil ini, dia sangat menyukai surat kabar atau sebutannya koran harian.
Dia selalu rutin minta di antarkan ke toko hanya untuk membeli surat kabar, dan jika telat sedikit saja ngamuk bebas menangis tiada henti, suka menyakiti dirinya sendiri, itu salah satu komunikasi mereka agar bisa di perhatikan, dan itu sulit di kontrol.
Karena suka ngamuk dan menyakiti dirinya sendiri ada semacam obat yang harus Ia konsumsi setiap kali mengamuk. namun perlahan obat itu sudah tidak di konsumsi lagi karena bunda yang tak mau anaknya merasakan ngantuk yang sangat luar biasa hingga terasa seperti lumpuh semuanya, walaupun tidak mudah baginya mengurus Azil yang suatu waktu dapat kambuh dan mengamuk kembali, itu berat tapi lebih berat melihat anaknya meminum obat yang melumpuhkan semua sistem di tubuhnya, luar biasa kasih sayang dari seorang bunda Zarina.

Dan karena perhatian yang berlebihan dari bunda kepada si kembar tsb, kedua adiknya terutama Adam pernah protes juga kenapa semua postingan instagram hanya berisi tentang si kedua Abangnya saja, yang namanya bungsu pasti ingin perhatian lebih dari abang-abangnya.
Ha..ha ada-ada saja si Adam.

Ya udah segini saja dulu, kerjaan manggil melulu  Saya ga bisa nulis banyak,
kunjungin blog ini langsung kalau ingin tahu lengkapnya gimana :
Pengalaman Menyayat Hati Zarina Zainuddin Mengasuh Anak Kembar Autistik Buka Mata Rakyat Malaysia
Disana ada percakapan dengan bunda Zarina, lengkap banget.
atau bisa stalking langsung instagramnya si Bunda Zarina disini : @zarinazainuddin_
Buat bunda Zarina, semangat terus demi anak-anak ya Bunda..


Tau ga, habis stalking Bunda Zarina saya jadi suka perhatiin adik saya yang bungsu yang pernah saya bahas juga masalah dia yang introvert akut begitu, takut kalau-kalau dia juga mengidap autisme,
semalam dia lagi main hp gitu terus tiba-tiba saja ngomong jerman karna memang dia sudah hafal sekali, habis itu teriak sambil gerakin tangannya kayak pesawat gitu,
terus saya nanya kamu kenapa? gak kenapa--kenapa katanya..
oh.. masih bisa di jawab, berarti masih aman, dia cuma introvert doang dan bukan Autisme.



Love kids

44 komentar

Yang tidak sempurna saja masih bisa menjalankan perintah-NYA
saya juga kadang masih bolong2
malu rasanya..
adiknya Introvert tah
Anak introvert itu biasanya kreatif, karena dia bisa lebih mgenal dirinya sendiri. Orang introvert itu sulit dipahami oleh orang ekstrovert, ambivert dll..
Kesendirian adalah energy buat mereka, tapi ttp saja harus dekatkan dengan sosial.

iya sama, sy jg lebih parah lg bolongnya, :(

iya kreatif mmg, dan cepat belajar juga..
introvert itu unik, lebih suka tmnan sm mrka yg introvert, lebih tulus dr siapapun,apalgi klo sudah di baikin..

Karena di balik kekurangan ada kelebihan saya sampai nangis loh baca tulisan nih. sangat menginspirasi buatku

Iya semua ada kekurangan dan kelebihannya masing2..

aduh smpe nangis pula, mas amar terharu ya, sy jg sedih kadang liat beberapa postingannya bunda zarina di akun isntagramnya.. sadar diri yg kdg suka ga bersyukur :(

Maaf oot, Halaman post blognya ketutup mbak (di pc saya, saya bisa masuk setelah klik gambar yang muncul sedikit di halaman posting. Mungkin ada setingan yang perlu diperbaiki.

halaman post yg dimana mang
disini tempat saya normal kok

di Pc sini juga normal kang..

Ya ampun,, keren ya dia,, ternyata adeknya introvert,,

#inspiratif

Ibu yang luar biasa. Jadi penasaran sama akun Instagram bunda Zarina.

coba aja stalking akunnya mas..

Mereka itu justru istimewa karena perbedaannya dg kebanyakan orang.

Nggak bagusnya itu ada sebutan autis untuk orang yg sedang serius melakukan sesuatu (main hp misalnya). Padahal mereka nggak benar2 tau arti autis itu sendiri

iya mba, kata autis sering di salah gunain mmg pas liat kita lg fokus sm hp.. dikit2 "autis kamu! sambil hp nya di rampas :D

kasian sekali ya orang yg mengidap penyakit ini.. mengingat penyembuhannya yg susah sekali.
tapi diluar itu orang autis memiliki banyak kelebihan. salah satu kelebihan yg terbesar.. g bisa ngelakuin hal yg berhubungan dg dosa seperti yg dilakukan manusia normal. setuju g sih..

autisme sebuah ujian besar bagi orang tua bayangkan anak kita tidak bisa memandang mata kita , tersenyum pada kita dan tidak bisa melihat kita bila dipanggil

Salut banget sama perjuangan ibu Zarina ya, mengurus 2 anak yang mengidap authis. Pasti sangat lelah. Tapi hebatnya masih ingat sholat ya.... Saya juga ikut aminkan untuk mereka yang mau berumah tangga suatu saat nanti

iya.. bisa di bilang beruntung juga ..

org tua pasti sedih ya bang, apalagi usia seperti mereka harusnya sudah banyak pengalaman sosial, tp ada hikmah jg di balik semuanya, mereka jd jauh dr hal2 negativ di luar sana.

Aamiin, semoga suatu saat mereka bisa berumah tangga, terutama utk Azal..

nunpang nguping ajah..... Mbak :)

Jadi ingat pernah punya ponaan authis sekarang sudah alm sih, ya gitu intinya yang dilakukannya kesehariannya dari bangun tidur sampai tidur lagi sangat teratur sesuai dg yg ia dapat dan pelajari, hampir tidak ada yg terlewatkan termasuk ibadahnya


orang autis itu super istimewa loh mbak, rata2 cerdas namun perlu di asah, managemen waktunya juga luar biasa. beberapa bahkan tersohor di slurh dunia contohnya nikola tesla, komposer mozart...

Perlu kesabaran dan ketekunana
Krna gk semudah untuk anak2 normal

Terharu seriua baca ini, kagum.. Mereka yg dipandang "kurang sempurna" aja perilakunya lebih baik dr org yg menganggap dirinya sempurna secara fisik.. Hmmm
Dlu aku pernah ke SLB mbak, mereka punya mimpi yg tinggi2 tp mrka jg menyadari akan kekurangan yg mereka punya.. Duh malah jd curhat ya

bener sekali dan insya Allah tabungan kita untuk disurga sis

Wih, ganteng yah... *_*
Amin ya rabbal alamin.. semoga punya bayi perempuan yg cantik.

mereka suka kegiatan berulang.. sedih sekali ya mba sudah alm..

autis itu istimewa menurut saya :)

nikola tesla autis? waah kreatif mmg rata2 mas, saya kagum sm mereka.. unik dan beruntung

iya.. kagum dan suka sedih kadang liat postingannya bunda, sadar diri juga..

rata2 org autis punya cita2 yg tinggi mmg sist, jd sedih ini lho .. tp mereka org2 yg beruntung kok

iya.. gak seperti anak autisme lainnya.. aamiin ya rabb :)

Pastilah seorang ibu semacam ini adalah sosok yang sangat penyabar dan penyayang, apapun keadaan dari anaknya. Salutlah buat sang artis.. Amin...

sha seneng kalo baca2 kisah artis or keluarganya yang positif dan menginspirasi kaya gini :)

Masya Allah, sangat menginspirasi, Mbak. Hanya orang hebatlah yang dititipi anak-anak istimewa seperti mereka..semoga kita nggak kalah dalam ibadah karena kita punya fisik yang jauh lebih sempurna..

jadi orang yg mengidap peenyakit autis ini nggak mau dipeluk ya? waduh, kalo kangen ya cuma bisa ungkapin dari kata2 gitu dong.

Dibalik kekurangan pasti ada kelebihan yang besar didalamnya, selalu diasah saja keblebihan yang dimiliki, kekurangan oun bisa jadi kelebihan ... Selalu bersyukur

Sepupuku yg autis jg sudah Alm. Kadang masih suka kangen. Wajahnya rupawan dan dia berpulang saat masih membujang

sebenarnya anak2 seperti ini istimewa mbak
sayang gak banyak ortu yang lebih merasa sebagai kekurangan
tindakan tepat mulai kecil harus dilakukan
karena mereka punya hak juga kan untuk sukses
tapi entah mengapa memang banyak pengidap autis yang ganteng atau cantik. mungkin itu karunia dari Allah SWT.

iya mba, inspiratif bgt kisahnya

Aamiin ya rabb,, kdang kita yg masih sempurna ini masih suka lupa buat bersyukur ya mba..

mereka sensitif mas ben, jd sabar aja klo kangen, kangen sendiri.. haha

iya, semua org di anugrahi kelebihan dan kekurangannya msg2..

kok saya sedih ya baca komentar mb nisa.. semoga tenang disana buat sepupunya..

iya.. si Azal itu bisa hitung cepat antara tahun lahir dan berapa usianya kalau di tahunkan segini2..salut bgt, mereka mmg istimewa mas.

Hei,, terima kasih atas kunjungannya
jangan lupa berkomentar biar bisa jalan-jalan juga ke blog kamu..
:)
EmoticonEmoticon